Bismillah Semesteran….

Bismillah walhamdulillah…

Tak terasa kalo umur blog ini dah setahun…. kemaren dapat kabar dari wordpress,, alhamdulillah,, blognya masih eksis walau kadang putus nyambung putus nyambung (kok malah nyanyi 🙂 ) heee.. bolong-bolong yang kadang bolong lama heee,, tapi dengan kesempatan dan kelonggaran yang diberikan Allah ini, ane dapat update lagi blog ini. Dan semoga saja blog ini selalu dan always eksis sampae saya nikah nanti,,,, (huaaa dah mikir ke sono taa 🙂 )…. yaps doain aja hee 🙂

Pada kesempatan tipis bin lumayan longgar ini, ane mo posting mengenai kegiatan akhir-akhir ane di ponpes ane…. Pekan ini ane baru ngejalanin semesteran, lumayan pusing, tapi masih ringanlah, g berat-berat amat, 1 minggu ini dibagi dua macam imtihan alias ujian, 3 hari pertama ujian dirosah (mata kuliah yang diajarkan di sini) dan 3 hari berikutnya ujian tahfidz alias hafalan yang lumayan lah,,, setoran target dalam sekali duduk, tapi tetep mastatho’tum (semampunya) yang bisa 5juz sekali duduk boleh, yang cuman kuat 1 juz boleh, tapi ujiannya setoran 7 juz. walhamdulillah wallahu akbar. mumet dobel heeee 🙂 . Jangan dibuat susah lah, yang penting sebelumnya sudah muraja’ah yaitu mengulang2 hafalan.

mushafMungkin sedikit tips hafalan dari ane, karena memang tips hafalan itu banyak dan tergantung orangnya. Jadi kita bisa tanya-tanya orang mengenai metode yang dia gunakan, dan kita coba, kalo berhasil berarti kita cocok, tapi kalo tidak, kita bisa cari metode lainnya yang sesuai dengan kemampuan kita.

1. Luruskan niat dan sokong semangat.

2. Pakai mushaf yang sama, standarnya mushaf utsmani (atau biasanya disebut mushaf pojok)

3. Kalo bisa pahami maknanya, akan mudah diingat dalam menghafalnya.

4. Baca hafalanmu di sholat-sholat sunnah, bisa sholat dhuha atau malam.

5. Kalo sudah hafal 1 juz, coba ditasmi’kan (disemakkan) ke teman dalam skali duduk, 1 juz…

Mungkin sedikit ini dari saya, semoga bermanfaat, dan detik ini ujian tahfidz ana blm kelar, karena antrian setoran panjang juga, dan ane sndri nggak mau egois, kasihan yang lain, biar mereka menyetorkan hafalan juga, :).

CUkup sekian wassalam.

 

Iklan

About sarungbiru

Bismillah Saya hanya seorang santri yang bersarung biru dan ingin berbagi.... Saya ada disini: Pesbuk : Ayubi Abu Savar email : saveer007@yahoo.com

Posted on Desember 15, 2012, in artikel-q, coretan pribadi, diary santri and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: