Laba-laba dan lebaran

laba-labaTaqobballahu minna wa minkum…

Kita harus mengingat hadits ini pada momen-momen seperti ini, yaitu momen lebaran. Di saat semua sanak saudara dan kerabat keluarga berlibur dari aktifitasnya masing-masing, entah yang libur dari sekolah maupun kerja. Dan ini merupakan kesempatan yang sangat berharga untuk mengamalkan hadits ini. Semuanya mempunyai waktu untuk saling bertemu sapa, lempar senyum, lebih baik lagi lempar uang, hihihi.

Tapi bukan berarti amalan tersebut harus pada hari-hari lebaran seperti ini, nggak cuman hari-hari ini tapi pada kesempatan lain yang memungkinkan kita untuk saling bersilaturahim, saling berkunjung antar sesama dan yang penting tidak memutus hubungan sama sekali walaupun semua orang mempunyai kesibukan masing-masing.

Silaturahim, alangkah baiknya kita selalu menjaga tali persaudaraan antar sesama muslim, entah teman, tetangga maupun kerabat, terlebih lagi kerabat dekat. Silaturahim kalo kita memberi istilah gaul, bisa kita sebut network, atau jaringan. Semakna dengan hadits tentang hikmah dari silaturahim ini adalah diluaskan rejekinya dan dipanjangkan umurnya. Kita dapat membuat kalimat sederhana, yaitu: Semakin luas jaringan kita maka akan semakin mudah kita mendapatkan rejeki dari Allah Swt.

Ane beri contoh, seperti seekor laba-laba, kalo laba-laba itu membuat jaring hanya satu saja maka kemungkinan mendapatkan mangsa serangga adalah 1% karena nggak bakal ada yang nyangkut, kalo nyangkut pun ntar pasti lepas. Lha karena laba-laba ini diberi kecerdasan oleh Allah maka dia pintar, dia membuat jaring yang banyak sekali, dari sisi kiri ke kanan, maupun atas ke bawah dan sebaliknya. Dan Tadaaa…. akhirnya mangsa pun mudah didapat, serangga-serangga yang ditakdirkan jadi makanannya pun nyangkut dengan sendirinya. Nyantap deh dengan cara yang mudah.

Seperti inilah kita umpamakan silaturahim itu, maka jangan menutup diri dari orang lain. Mari sambung tali silaturahim sebanyak-banyaknya karena hikmah yang dihasil akan kembali ke diri kita sendiri.

Iklan

About sarungbiru

Bismillah Saya hanya seorang santri yang bersarung biru dan ingin berbagi.... Saya ada disini: Pesbuk : Ayubi Abu Savar email : saveer007@yahoo.com

Posted on Agustus 9, 2013, in Catatan lepas, coretan pribadi, This is ISLAM. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. bener menjaga silaturahim juga memperluas rejeki ya.. selamat idul fitri dan mohon maaf lahir batin..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: