Category Archives: This is ISLAM

Laba-laba dan lebaran

laba-labaTaqobballahu minna wa minkum…

Kita harus mengingat hadits ini pada momen-momen seperti ini, yaitu momen lebaran. Di saat semua sanak saudara dan kerabat keluarga berlibur dari aktifitasnya masing-masing, entah yang libur dari sekolah maupun kerja. Dan ini merupakan kesempatan yang sangat berharga untuk mengamalkan hadits ini. Semuanya mempunyai waktu untuk saling bertemu sapa, lempar senyum, lebih baik lagi lempar uang, hihihi.

Tapi bukan berarti amalan tersebut harus pada hari-hari lebaran seperti ini, nggak cuman hari-hari ini tapi pada kesempatan lain yang memungkinkan kita untuk saling bersilaturahim, saling berkunjung antar sesama dan yang penting tidak memutus hubungan sama sekali walaupun semua orang mempunyai kesibukan masing-masing.

Silaturahim, alangkah baiknya kita selalu menjaga tali persaudaraan antar sesama muslim, entah teman, tetangga maupun kerabat, terlebih lagi kerabat dekat. Silaturahim kalo kita memberi istilah gaul, bisa kita sebut network, atau jaringan. Semakna dengan hadits tentang hikmah dari silaturahim ini adalah diluaskan rejekinya dan dipanjangkan umurnya. Kita dapat membuat kalimat sederhana, yaitu: Semakin luas jaringan kita maka akan semakin mudah kita mendapatkan rejeki dari Allah Swt. Read the rest of this entry

Iklan

Berkah Ramadhan to Blog

Bismillah…

Bersama berkah Ramadhan ane dituntun kembali untuk menengok blog yang sekian lama tak ku lirik, sebenarnya keinginan menulis masih membara di dada ini, tapi untuk menuliskannya lewat keyboard inilah yang kadang membuatku malas (alasan) hehe,,, tapi ini pengabadian catatan harian langkah kedua setelah diary kertas. Walaupun sabda Rasulullah,” Sebaik-baik amalan itu yang teratur (istiqomah) walaupun sedikit.” Tak apalah… yang penting the show must go on! ini juga sedikit demi sedikit dalam mengikis kemalasan, hehe…

Yaps,, Alhamdulillah ane telah finish menempuh studi tingkat Ma’had Aly dan diteruskan dengan khidmah, walaupun sebenarnya kemauan hati ini masih ingin meneruskan studi di jenjang selanjutnya alias kuliah (dudu mikuli uyah lho), tapi kehendak Allah lain. Karena ane udah belajar di ma’had tersebut alangkah baiknya ane ber-khidmah pada ma’had tersebut. Semoga ane selalu istiqomah dalam khidmah ini Ya Rabb.. Amiin..

ramadhan

Karena ini juga bulan yang suci, Bulan Al-qur’an… maka semangat ane tumbuh lagi untuk menyampaikan kebaikan.

Sebuah perumpamaan akan Mall, atau supermarket Toserba pasti ada saat-saat membuka diskon besar-besaran, dan semua orang pasti bin wajib akan segera mengerubungi toko2 tersebut bak semut mendapati gula. Bak segerombolan serigala mendapati mangsa. Subhanallah fenomena yang pasti terjadi di bumi ini. Dan Ramadhan ini seperti masa tersebut, yang mana Allah memberikan diskon pahala kepada hamba-hambanya disetiap amalan yang kita kerjakan. Mari bergegas mengerjakan amalan kebaikan, akan ada berkali-kali lipat pahala yang akan kita petik. Di mall aja kita langsung ambil apalagi pahala yang akan berujung ke Jannah Allah Ta’ala ini.

Banyak amalan-amalan kebaikan yang sudah dicontohkan oleh uswatun hasanah kita, yaitu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, baik melalui sabda beliau maupun perbuatan beliau yang banyak disebutkan pada hadits-hadits nabawi. Mulai dari yang paling ringan, dzikir kepada Allah, membantu sesama, membaca Al-quran, dan amalan-amalan lain. Bahkan sudah menjadi kepastian kalau pada malam-malam Ramadhan seperti ini banyak kajian-kajian islam, tadarus, taraweh dan lain sebagainya. Sudah sangat dipermudah bagi kita, tinggal kita ikuti dan istiqomah padanya. Tunggu apa lagi…

 

Majlis Syuro Ikhwan

Catatan ini ku tulis seusai Pak Rois Am, Al-Akh Benu mengumpulkan para a’dlo’nya alias para mentri dan. Kebetulan ane memegang jabatan sebagai Qismu Miyah alias Bagian Perairan Asrama. Majlis Syuro ini sudah menjadi rutinitas, minimal sebulan sekali, walau dua kali pun pernah. Ijtima’ ini memang kehendak Pak Rois Am sendiri, beliau ingin mengevaluasi program-program yang dia jalankan karena itu merupakan kewajibannya.

Musyawarah memang sangat urgent dan berguna buat kelancaran hidup. Bahkan di setiap aspek kehidupan ini memerlukan yang namanya musyawarah ini. Kalo bahasa mudahnya ‘diskusi’, sharing de el el. Yaps… Bahkan di KBBI pun musyawarah pun didefinisikan dengan pembahasan bersama dengan maksud mencapai keputusan atas penyelesaian masalah; atau perundingan; atau perembukan. Allah subhanahu wa ta’ala berkalam di dalam Surat As-Syuro ayat 38:

وَأَمْرُهُمْ شُورَى بَيْنَهُمْ

“Dan perkara mereka adalah (diputuskan) dengan musyawarah di antara mereka.”

Syeikh Sa’di menerangkan di dalam kitab tafsirnya bahwa perkara di sini mencakup perkara yang menyangkut agama dan dunia. Jika ada permasalahan maka dirundingkan. Hasan Bashri rahimahullah berkata:

مَا تَشَاوَرَ قَوْمٌ إِلاَّ هُدُوْا لِأَرْشَدِ أُمُوْرِهِمْ

“TIdaklah suatu kaum itu bermusyawarah kecuali mereka akan ditunjuki kepada paling benarnya perkara-perkara mereka”. Read the rest of this entry

Kata Orang Aku Mirip Bapakku

“Eeeh Udin dah gede, mirip bapakke yaa….” Begitu kata mbak sepupuku waktu aku sowan ke rumahe pakdheku.  “Semua orang ketawa, termasuk sodara-sodaraku sendiri…  Apa sih yang diketawain, batinku. Aku Cuma bisa mesam-mesem bin cengar-cengir.

Udin, itu panggilan akrabku di keluargaku, rumahku dan sekitarnya , waktu transmigrasi ke pondok, ada yang manggil Muhammad, Ammad, Solah, Ayub, Yubi dan lain sebagainya…. Udin pake ejaan jawa baca “din’nya agak ikhfa’ alias samar-samar ke huruf “e’ jadinya “den”… Kalo ejaan EYD, ya tetep “I”… “Din”, biasanya para akhwat yang ejaannya kayak begini, lebih bagus, jadi lebih imut, ( Yeeee kok jadi lebay), akhwat itu banyak loh, uaak-uakk, (yeee) maksudnya mbak-mbakku juga akhwat…. Yeee… (kok suka Yee sih, enakan Wee tauk) terseraah… Yeee…. (??#$* L)

Foto diri waktu di pinggir kali

Kata orang aku paling mirip ke bapakku tinimbang (daripada-jw) ibukku. Kenapa? Emang salah??

Aku bingung kepada sebagian temenku yang kalo dikatain mirip bapake ato ibuke ato kakake malah marah-marah, atau paling sedikit, bilang, “ooo kurang ajar…” Apa salah dengan huruf “o’ kok dikatain kurang ajar? Loohh?? Kalo si “o” tau, kamu nggak bakalan kenal sama si “o”? loh apa hubungannya?

Kok jadi ngelantur nggak keruan? Back to the muke lu…. Ok, muke lu mirip ama bapak-ibu, papi-mami, ayah-ummi-mu…. Terserah kamu manggil mereka gimana?

Masalah kebingunganku tadi mungkin bisa terjawab oleh pikiranku sendiri. Begini perkiraanku : Read the rest of this entry

Siapa Bilang Valentine ‘s Day Tidak Boleh?

Bismillah walhamdulillah….. Telah dekat hari yang ditunggu-tunggu anak-anak yang dah ngaku gede. Akan tiba ‘hari kasih sayang’, begitu mereka menyebutnya. Waah…. Hari itu terjadi pada tanggal 14 Februari, hari kebahagiaan buat semua. Buat yang dapet coklat gratis, berbentuk hati lagi hehehe, buat yang kasih, coz kadang dapat sekecup ciuman dari sang kekasih, dapet perhatian dari yang lain dan juga buat sang penjual coklat, coz coklatnya hari ini laris bener. Itulah hari kasih sayang, semua orang saling berkasih sayang, dari cewek ke cowok, dari cowok ke penjual coklat. Semua happy. Bahkan stasiun-stasiun tv dan produk-produk makanan dan barang lain ikut terkena bagian kebahagiannya, yaitu mereka bisa memanfaatkan even tersebut dalam periklanan, acara-acara show de el el. Itulah manfaat hari ke-14 Februari.

By the way, gimana sih sejarahnya Valentine’s Day itu? Mari kita tengok beberapa tahun silam. Menurut data dari Ensiklopedi Katolik, nama Valentinus diduga bisa merujuk pada tiga martir atau santo (orang suci) yang berbeda. Yang dimaksud dengan martir atau santo itu adalah pastur di Roma, uskup atau orang suci orang-orang Kristen (kalo dalam Islam mirip dengan Syuhada, orang yang mati syahid) Read the rest of this entry

The Real Muslim part 2

Assalamu’alaikum semua… Pada kesempatan kali ini, ane mau membahas lagi tentang Siapa itu The Real Muslim? Kalo kemarin ngebahas tentang seorang muslim itu nggak boleh begini-begitu, sekarang kita bahas seorang muslim itu harus begini-begitu….

Ada sebuah hadits yang udah masyhur n akrab di telinga kita, yaitu yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radliyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda:

حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ خَمْسٌ رَدُّ السَّلاَمِ وَعِيَادَةُ الْمَرِيضِ وَاتِّبَاعُ الْجَنَائِزِ وَإِجَابَةُ الدَّعْوَةِ وَتَشْمِيتُ الْعَاطِسِ.

“Hak muslim atas muslim yang lain itu ada lima; Menjawab salam, menjenguk orang yang sakit, mengikuti jenazah, memenuhi ajakan dan mendoakan orang yang bersin.” (HR. Bukhori)

Read the rest of this entry